Motivasi dan Strategi Pembelajaran untuk Mahasiswa Sukses
Ok, kali ini gw mau berbagi tentang ilmu yang gw dapet dari buku perpus kampus yang ga sengaja gw temuin pas lagi nemenin temen gw yang juga lagi nyari buku buat bahan kuliah nya. Semoga ini bermanfaat buat kalian yang anak kuliahan, atau mungkin bentar lagi akan memasuki dunia perkuliahan.
Buku ini berisi tentang strategi apa dan bagaimana menjadi mahasiswa yang sukses dalam akademiknya. Apalagi, masa belajar dikampus bener-bener berbeda sama masa waktu kalian disekolah -buat yang udah jadi mahasiswa pasti udah ngerasain bedanya- , buku ini juga nyediain worksheet (lembar kerja) untuk mengetahui bagaimana teknik belajar kita dan juga sebagai pelengkap dari teori yang dijelaskan dalam buku ini.
Tapi gw ga akan menjelaskan semua isi buku ini. Kalian bisa cari di perpus kampus kalian, atau mau gunain teknologi sekarang yaitu 'searching' , tinggal minta bantuan prof. google kalian bakal dengan mudah nemuin buku ini.
Ada enam komponen penting agar dapat memanajemen diri kita dalam hal akademik;
1. Motivasi
Motivasi adalah suatu hal yang membedakan orang yang sukses dan kurang sukses, orang yang sukses tahu bagaimana memotivasikan dirinya saat mereka tidak merasa nyaman dengan tugas mereka. Sedangkan orang yang kurang sukses memiliki kesulitan dalam mengontrol motivasi untuk dirinya, mereka akan memilih tidak menyelesaikan hal yang ia tidak sukai. Tidak seperti orang sukses, ia akan memotivasi dirinya untuk menyelesaikan tugas tersebut, meskipun tugas tersebut kurang disukai olehnya.
Ada 3 cara untuk memotivasi diri kita;
a. Membuat list pencapaian (goal setting)
b. Bicara pada diri sendiri (self-talk)
Contoh; “yes I did it” atau “yeah gw bisa!”
c. Memberikan diri sendiri reward juga hukuman.
Contoh; menjanjikan diri sendiri akan mendapatkan liburan jika mendapat nilai A atau tidak akan mendapatkan liburan jika gagal mendapat A.
2. Metode pembelajaran
Semua orang memiliki metode belajar yang cocok pada dirinya sendiri, tentukan metode belajar yang mana yang cocok dengan kepribadianmu.
3. Penggunaan waktu
“Mahasiswa yang baik dalam pengaturan waktunya biasanya memiliki IPK yang lebih baik dibanding mereka yang kurang dalam pengaturan waktunya.” Ini kutipan dalam buku.
4. Lingkungan fisik dan social
Kita harus dapat menentukan kapan kita belajar secara berkelompok ataupun individu. Kita harus tau bagaimana nyamannya kita dalam belajar.
5. Pemantauan kinerja
Banyak dari kita lebih memilih tidak membahas akan test yang telah kita lalui tadi, tapi ternyata hal ini penting dalam upaya pencapaian kesuksesan kita. Karena, dari mengevaluasi tadi, kita akan tau sampai mana kita telah menerima atau memahami pelajaran yang kita pelajari.
Comments
kpn2 pinjem buku2 yg kya gtu yoo neng vio