Tenses itu Rumit?

Salam,

Ramadhan kali ini saya tidak melaksanakan kegiatan yang pernah saya posting pada postingan sebelumnya.
Pada tahun ini saya sudah bergabung di salah satu lembaga yang ber-slogan "Maju Bersama Allah Menuju Masa Depan Cemerlang".

Di lembaga ini saya mendapat banyak pelajaran, salah satunya cara memahami tenses dengan mudah dari pengajar lokasi lain.

Caranya seperti ini:
Dari pemahaman saya, kalimat dalam bahasa Inggris selalu di ikuti kata predikat. Baik itu berupa kalimat nominal (biasanya menggunakan be: am, is are, was, were) atau kalimat verbal (sleep, slept, sleeping)
Sehingga peran Verb pada tenses cukup penting.

  • Step Pertama ialah
              Tentukan jenis Verb nya yang bisa dibagi menjadi:
               Active / Passive
               Singular / Plural

  • Step Kedua ialah
            Melihat ciri khas tensesnya seperti berikut:
            Present : V1
            Past     : V2
            Future  : will + V Infinitive
            Perfect : has/have + V3
            Continuous : be + V-ing
            Passive : be + V3
            

Untuk memudahkan, saya mau mencoba menjelaskan dengan contoh terlebih dahulu.
Future Perfect Tense {active and singular of verb (sleep)}
    Jika kita hanya memahami rumus, mungkin kita akan kesulitan mencerna bentuk kalimat tersebut
Dari nama tense nya kita bisa menurunkan seperti ini
(present)         V1
Future            will               V Infinitive
Perfect                                  have/has                          V3

Sehingga diturunkan menjadi S will have/has V3
dan bentuk kalimatnya menjadi I will have slept.

Sekian tuk penjelasan kali ini.
Semoga mempermudah ^o^
Jika ada yang ingin ditanyakan bisa ditulis pada kolom komentar ;)

Comments

Popular posts from this blog

Hubungan Bahasa dengan Otak, Masyarakat, dan Budaya

Finally, I can ! -Last Part-

Viente e seis